FAKULTAS KEPERAWATAN 
UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE 
MANADO 

SATUAN ACARA PENGAJARAN   
Mata Ajaran                        :  Keperawatan Jiwa
Kode Mata Ajaran           :   KIK 24115
Pokok Bahasan                                 :   Konsep Dasar 
Sub Pokok bahasan          :  Kesehatan Jiwa
Peserta Didik                      :  Mahasiswa Keperawatan
Waktu Pertemuan            :  20 menit
Pertemuan                          :  1
                                                                                                                                                Manado, 14 Desember 2010
               Dosen Penguji                                                                                                          Mahasiswa
          Edikta Pantouw, SPd, MKes                                                                              Cyntia Lumintang
SATUAN ACARA PENGAJARAN
(MICRO TEACHING)
1.     Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Setelah mengikuti proses belajar mengajar mahasiswa diharapkan mampu memahami kesehatan jiwa
2.     Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah menyelesaikan proses belajar mengajar mahasiswa mampu :
-          Menjelaskan pengetian sehat jiwa 
-          Menyebutkan kriteria-kriteria sehat jiwa
-          Menjelaskan peran perawat Jiwa
3.     Materi Pengajaran
-          Pengertian Sehat Jiwa
-          Kriteria Sehat Jiwa
-          Peran Perawat Jiwa
4.     Metode Pengajaran
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
5.     Kegiatan Belajar Mengajar
|     NO  |        KEGIATAN  |        KEGIATAN  |        WAKTU  |        MEDIA  |   |
|     URAIAN  |        DOSEN  |        MAHASISWA  |   |||
|     1  |        Pendahuluan  |        Perkenalan dan  |        Mendengar  |        3 menit  |        LCD  |   
|     |        |        salam  |        |        |        Laptop  |   
|     |        |        |        |        |        Hand   |   
|     |        |        Menjelaskan tujuan  |        Memperhatikan  |        |        out  |   
|     |        |        materi  |        |        |        |   
|     2  |        Penyajian Materi /   |        Menjelaskan   |        Mendengar  |        12 menit  |        LCD  |   
|     |        isi  |        tentang pengertian  |        Memperhatikan  |        |        Laptop  |   
|     |        |        sehat jiwa  |        Menulis  |        |        Hand   |   
|     |        |        |        |        |        out  |   
|     |        |        Menyebutkan dan   |        Mendengar  |        |        |   
|     |        |        menjelaskan kriteria -  |        Memperhatikan  |        |        |   
|     |        |        kriteria sehat jiwa  |        Menulis  |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        Menjelaskan peran  |        Mendengar  |        |        |   
|     |        |        perawat jiwa  |        Memperhatikan  |        |        |   
|     |        |        |        Menulis  |        |        |   
|     3  |        Penutup  |        Menjelaskan kesimpulan  |        Memperhatikan  |        5 menit  |        LCD  |   
|     |        |        materi yang diajarkan  |        Menulis  |        |        |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        Memberi kesempatan  |        Memperhatikan  |        |        |   
|     |        |        untuk bertanya  |        Aktif bertanya  |        |        Laptop  |   
|     |        |        |        |        |        |   
|     |        |        Menjawab pertanyaan  |        Memperhatikan  |        |        |   
|     |        |        |        Menulis  |        |        |   
6.     Media Pengajaran
-          Laptop
-          LCD
7.     Evaluasi
·         Jelaskan pengertian sehat jiwa!
·         Sebutkan kriteria sehat jiwa!
·         Jelaskan peran perawat jiwa!
8.     Referensi
·         Suliswati. Buku saku keperawatan jiwa.jakarta : EGC, 2005
·         tugassekolahonline.blogspot.com/2009/02/konsep-dasar-kesehatan-jiwa.html 
·         Wiscarz Stuart. Buku keperawatan jiwa. Jakarta : EGC, 1998
Lampiran Materi
Materi Pengajaran
Sehat Jiwa
A.      Pengertian Sehat JIwa
1.       Kesehatan JIwa adalah berbagai karakteristik positif yang menggambarkan keselarasan dan kesimbangan kejiwaan yang mencerminkan kedewasaan kepribadiannya . (WHO)
2.       Kesehatan Jiwa adalah kondisi jiwa seseorang yang terus tumbuh, berkembang dan mempertahankan keselarasan dalam pengendalian diri serta terbebas dari stress yang serius. (Rosdahi, 1999)
3.       Kesehatan Jiwa adalah kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual, emosional secara optimal dari seseorang, dan perkembangan ini berjalan selaras dengan orang lain. (UU Kesehatan Jiwa  No.3 thn 1966)
B.      Kriteria Sehat Jiwa
Menurut Maria Johada (Depkes 2000) individu yang sehat jiwa ditandai dengan hal-hal berikut :
1.       Sikap positif terhadap diri sendiri
Sikap ini merupakan sikap yang baik terhadap diri sendiri, yaitu tidak merasakan harga diri rendah, tidak memiliki pemikiran negative tentang kondisi kesehatan diri dan selalu optimis dengan kemampuan diri serta menghargai diri sendiri. 
2.       Tumbuh kembang dan aktualisasi diri
            Aktualisasi diri adalah kebutuhan manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. Aktualisasi merupakan cara mengembangkan potensi diri dari hal yang bisa kita lakukan atau kerjakan. Menjalankan aktualisasi diri sama dengan mengembangkan kemampuan kita tanpa batas, artinya manusia tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan keinginan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
3.       Integrasi (keseimbangan dan keutuhan)
Keseimbangan dalam pengendalian emosi dan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari sangat diperlukan sehingga dapat menjalani hidup dengan seimbang.
4.       Otonomi
                Seseorang dengan sehat jiwa adalah seseorang yang mampu menyelesaikan tiap masalah kehidupan sehingga tidak ada ketergantungan dengan sesuatu.
5.       Persepsi realitas
Dapat membedakan lamunan dan kenyataan sehingga tiap perilaku dapat dimengerti dan dipahami.
6.       Kecakapan dalam beradaptasi dengan lingkungan 
Adaptasi adalah proses dimana dimensi fisiologis dan psikososial berspon terhadap stress. 
C.      Peran Perawat Jiwa
1.       Bekerja sama dengan lembaga kesehatan mental
2.       Sebagai pencipta lingkungan teraupetik
3.       Sebagai konselor
4.       Sebagai pendidik
5.       Mother Surrogete
6.       Teknisi perawatan
7.       Terapis
LEMBAR EVALUASI
PENULISAN RANCANGAN PENGAJARAN (A)
Nama Mahasiswa  :                                                                                                Tanggal :
Nama Penilai          :
|     NO  |        KOMPONEN  |        ADA/LENGKAP  |        TIDAK   |   |
|     BENAR (3)  |        KURANG BENAR (2)  |        LENGKAP (1)  |   ||
|     1  |        Tujuan Instruksional  |        |        |        |   
|     |        a. Mata Ajaran  |        |        |        |   
|     |        b. Pokok Bahasan  |        |        |        |   
|     |        c. Sub Pokok Bahasan  |        |        |        |   
|     |        d. Peserta Didik  |        |        |        |   
|     |        e. Waktu  |        |        |        |   
|     2  |        Tujuan Instruksional Umum  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     3  |        Tujuan Instruksional Khusus  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     4  |        Materi Pengajaran  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     5  |        Metode Pengajaran  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     6  |        Kegiatan Belajar Mengajar  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     7  |        Media Pengajaran /Sumber  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     8  |        Alokasi waktu  tiap  |        |        |        |   
|     bagian pengajaran  |        |        |        |   |
|     a. Pendahuluan  |        |        |        |   |
|     b. Isi  |        |        |        |   |
|     c. Penutup  |        |        |        |   |
|     9  |        Evaluasi hasil pembelajaran  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     10  |        Referansi  |        |        |        |   
|     |        |        |   ||
|     JUMLAH NILAI  |        |        |        |   |
|     |        |        |   ||
                                        Jumlah Item (10)
Nama Mahasiswa  :                                                                                                Tanggal :
Nama Penilai          :
|     NO  |        ASPEK YANG DINILAI  |        BAIK SEKALI  |        CUKUP  |        KURANG SEKALI  |   
|     1  |        (0,5)  |        0  |   ||
|     1  |        Organisasi Kelas  |        |        |        |   
|     2  |        Tata Ruang Sesuai Kegiatan  |        |        |        |   
|     3  |        Media  |        |        |        |   
|     *Kesesuaian  |        |        |        |   |
|     *Teknik Penggunaan  |        |        |        |   |
|     4  |        Metode Mengajar  |        |        |        |   
|     *Kesesuaian  |        |        |        |   |
|     *Teknik Penggunaan  |        |        |        |   |
|     5  |        Menggunakan Variasi  |        |        |        |   
|     *Suara  |        |        |        |   |
|     *Mimik gerak  |        |        |        |   |
|     *Kesenyapan  |        |        |        |   |
|     *Kontak Pandang  |        |        |        |   |
|     *Perubahan Posisi  |        |        |        |   |
|     *Memusatkan  |        |        |        |   |
|     *Media/Alat Bantu  |        |        |        |   |
|     6  |        Menjelaskan  |        |        |        |   
|     *Kejelasan Kata/Kalimat  |        |        |        |   |
|     *Contoh dan Ilustrasi  |        |        |        |   |
|       k/p menuliskan istilah   asing/ baru  |        |        |        |   |
|     7  |        Memberi Penguatan   |        |        |        |   
|     *Verbal  |        |        |        |   |
|     *Gestural (dalam bentuk mimik)  |        |        |        |   |
|     8  |        Bertanya  |        |        |        |   
|     *Jenis Pertanyaan  |        |        |        |   |
|     *Kejelasan   |        |        |        |   |
|     *Pengungkapan  |        |        |        |   |
|     *Penyebaran  |        |        |        |   |
|     *Pemberian Waktu Berpikir  |        |        |        |   |
|     *Pemberian Tuntuanan (k/p)  |        |        |        |   |
|     9  |        Membuka Pelajaran  |        |        |        |   
|     *Menarik Perhatian/Motivasi siswa  |        |        |        |   |
|     *Meberi acuan  |        |        |        |   |
|     10  |        Menutup Pelajaran  |        |        |        |   
|     *Meninjau kembali dan rangkuman  |        |        |        |   |
|     *Mengevaluasi mahasiswa  |        |        |        |   |
|     11  |        Memberi kesempatan untuk bertanya  |        |        |        |   
|     /mengajukan pendapat  |        |        |        |   |
|     12  |        Siakp dalam mengajar  |        |        |        |   
|     JUMLAH NILAI  |        |        |        |   |
|     |        |        |   ||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar